Pembangunan Perangkat Lunak Penjualan Alat Permainan Edukatif Pada CV. Muara Mandiri

  • Fajariani Amalia Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Anggi Saparda Rahayu Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Irma Santikarama Universitas Jenderal Achmad Yani

Abstract

Penjualan merupakan sebuah aktivitas atau bisnis dalam hal menjual produk/jasa, aktivitas tersebut menjadi bagian terpenting pada suatu perusahaan terutama untuk meraih keuntungan. Perusahaan CV. Muara Mandiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang mainan edukatif terbuat dari kayu, spon, dan besi. Berdasarkan hasil observasi dengan direktur perusahaan terdapat beberapa permasalahan seperti transaksi terhambat karena adanya kendala mendapatkan respon yang lama sehingga informasi yang dibutuhkan tidak diterima dengan cepat dan proses jual-beli menjadi lambat. Selain itu, proses pencatatan data seperti data pelanggan, data pemesanan, serta data laporan penjualan pada perusahaan juga tidak tersimpan dengan baik sehingga menyulitkan ketika perusahaan membutuhkan data tersebut. Oleh karena itu, rancangan sistem dibutuhkan untuk membantu manajemen perusahaan dalam mengelola data produk, menyajikan informasi, dan memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk membeli produk. Selain dapat membeli produk yang tersedia, pembangunan sistem ini juga membuat fungsi untuk pemesanan khusus sehingga pelanggan dapat memesan sesuai keinginan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari metode pengumpulan data, dan pengembangan sistem menggunakan model waterfall. Pembangunan sistem ini menghasilkan perangkat lunak penjualan alat permainan edukatif pada CV. Muara Mandiri.

References

Sommerville, I. (2011). Software Engineering. In Clinical Engineering: A Handbook for Clinical and Biomedical Engineers.

Setiyani, L. (2019). Pengujian Sistem Informasi Inventory Pada Perusahaan Distributor Farmasi Menggunakan Metode Black Box Testing. Techno Xplore : Jurnal Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 4(1), 1–9.
Yuni, I., Napitupulu, M., Muryani, S., & Sitasi, C. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Perabotan Pada CV. Evamas. Paradigma : Jurnal Komputer Dan Informatika Akademi Bina Sarana Informatika, XX(2), 2579–3500.

Ferdika, M., Kuswara, H., & Kunci, K. (2017). Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada PT Era Makmur Cahaya Damai Bekasi. 1(2), 175–188.

Fitri, R. S., Dwiyani, N., Studi, P., Teknik, P., Teknik, F., & Negeri, U. (2016). Perancangan dan Impelementasi Sistem Informasi Penjualan Komputer dan Accessories Pada Toko Mujahidah Computer Berbasis Web. 4(1).

Indera, R. (2015). Pengembangan Sistem Informasi Penjualan Alat Kesehatan Berbasis Web Pada Pt. Alfin Fanca Prima. Positif, 1(1), 37–45.

Irawan, Y., Rahmalisa, U., Wahyuni, R., & Devis, Y. (2019). Sistem Informasi Penjualan Furniture Berbasis Web Pada CV. Satria Hendra Jaya Pekanbaru. JTIM : Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 1(2), 150–159.

Prasetyo, A., & Susanti, R. (2016). Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada PT. Cahaya Sejahtera Sentosa Blitar. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 10(2), 1–16.

Rachmawati, Y., Septiana, L., & Yulianti, susana dwi. (2016). Sistem Informasi Penjualan Alat Tulis Kantor Berbasis Web Pada CV. Sumber Rezeki Jakarta. Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer Nusa Mandiri, 1(1), 283;288.
Published
2021-10-31
How to Cite
AMALIA, Fajariani; RAHAYU, Anggi Saparda; SANTIKARAMA, Irma. Pembangunan Perangkat Lunak Penjualan Alat Permainan Edukatif Pada CV. Muara Mandiri. JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani), [S.l.], v. 5, n. 1, p. 15-28, oct. 2021. ISSN 2598-8069. Available at: <http://jumanji.unjani.ac.id/index.php/jumanji/article/view/89>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.26874/jumanji.v5i1.89.