Sistem Monitoring Gangguan Burung pada Area Bandara dan Vision Recognition
Abstract
Saat ini di Indonesia moda transportasi udara merupakan moda transportasi yang cukup banyak dijadikan pilihan oleh masyarakat, salah satu faktor yang mengindikasikannya adalah jumlah kunjungan masyarakat ke bandara dan trafik penerbangan sudah sangat padat sehingga banyak dibuat bandara-bandara baru di beberapa kota di Indonesia. Di bandara banyak sekali permasalahan yang mesti segera diselesaikan berkaitan dengan pelayanan publik sehingga bandara diharapkan dapat memberikan solusi-solusi terhadap permasalahan tersebut dan menjadikan bandara lebih aman serta nyaman. Permasalahan yang sering terjadi di bandara yaitu berkaitan dengan keberadaan burung yang sedang melakukan migrasi dari satu tempat ke tempat lain melintasi kawasan bandara. Banyak kasus terjadi bahwa mesin pesawat jet menabrak dan menyedot burung ke dalam mesin yang berdampak sangat fatal bagi pesawat karena mesin pesawat akan mati. Untuk permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian dengan merancang sistem monitoring gangguan burung pada area bandara menggunakan sistem radar dan vision recognition. Dimana tahapan vision recognition yang digunakan adalah image detection, image acquisition, texture recognition, color recognition dan bird recognition. Dan hasilnya sistem monitoring ini dapat mengidentifikasi keberadaan burung dan membedakannya dengan objek lain, setelah sistem dapat mengetahui keberadaan burung maka alarm akan menyala untuk mengusir keberadaan burung sehingga landasan akan dapat dipastikan aman untuk digunakan pesawat take off dan landing.
References
Hans van Gasteren;Judy Shamoun-Baranes;Amnon Ginati;Giovanni Garofalo. (2009). AVIAN ALERT – A BIRD MIGRATION EARLY WARNING SYSTEM. Research Gate.
Holleman, I., H. van Gasteren, andW. Bouten,. (2008). Quality Assessment of Weather Radar Wind Profiles during Bird Migration. Journal of Atmospheric and Oceanic Technology.
Richardson, W.J. and T. West. (2000). military aircraft: updated list and summary, in Proceedings of the 25th International Bird Strike. Amsterdam, The Netherlands.
Richardson, W.J. and T. West,. (2005). Serious birdstrike accidents to U.K.military aircraft, 1923 to 2004. in Proceedings of the 27thInternational Bird Strike Committee, 1-19.