Desain Game Edukasi Sejarah Bandung Lautan Api untuk Pelajar SMP Menggunakan Mechanics Dynamics Aesthetics (MDA)

  • Alexander Tommy Kurniawan Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Rezki Yuniarti Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Agus Komarudin Universitas Jenderal Achmad Yani

Abstract

Perkembangan teknologi mengakibatkan banyak perubahan pada kehidupan, salah satunya mata pelajaran sejarah yang menggunakan metode daring dalam pengajarannya yang menimbulkan banyak permasalahan karena perubahan metode pengajaran yang berubah. Diperlukan sebuah metode pengajaran yang sifatnya fleksibel dapat dimainkan siswa ketika waktu luang dan serta menyenangkan serta edukatif seperti game edukasi. Namun dalam pengembangan game perlu sebuah desain dari game tersebut dari hal itu terdapat Mechanics, Dynamics, Aesthetics(MDA) sebagai framework yang dapat menjebatani maksud dari pembuatan game dan juga desain dari game, karena dari itu perlu dibuatnya game edukasi sejarah  yang sesuai dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini dilakukan evaluasi terhadap 31 orang responden dengan sebaran siswa/siswi SMP dengan rentang umur 11 hingga 16 tahun .Dengan menguji 16 pertanyaan yang diuji seputar komponen MDA setelah game dimainkan dengan menggunakan pearson product moment dan Cronchbach Alpha mendapatkan nilai valid dan relaibel, nilai pada aspek narrative untuk penceritaan sejarah dengan kriteria sesuai, serta aspek sensation untuk emosi yang menghasilkan kriteria sangat sesuai.

References

[1] L. D. Pratama, W. Lestari, and A. Bahauddin, “Game Edukasi: Apakah membuat belajar lebih menarik?,” At- Ta’lim J. Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 39–50, 2019, doi: 10.36835/attalim.v5i1.64.
[2] G. F. Kurniawan, “Problematika Pembelajaran Sejarah dengan Sistem Daring,” Diakronika, vol. 20, no. 2, p. 76, 2020, doi: 10.24036/diakronika/vol20-iss2/148.
[3] A. V. Vitianingsih, “Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran PAUD,” J. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2016.
[4] E. Nurhayati, “Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19,” J. Paedagogy, vol. 7, no. 3, p. 145, 2020, doi: 10.33394/jp.v7i3.2645.
[5] G. P. Kusuma, E. K. Wigati, Y. Utomo, and L. K. Putera Suryapranata, “Analysis of Gamification Models in Education Using MDA Framework,” Procedia Comput. Sci., vol. 135, pp. 385–392, 2018, doi: 10.1016/j.procs.2018.08.187.
[6] R. Hunicke, M. Leblanc, and R. Zubek, “MDA: A formal approach to game design and game research,” AAAI Work. - Tech. Rep., vol. WS-04-04, pp. 1–5, 2004.
Published
2023-08-26
How to Cite
KURNIAWAN, Alexander Tommy; YUNIARTI, Rezki; KOMARUDIN, Agus. Desain Game Edukasi Sejarah Bandung Lautan Api untuk Pelajar SMP Menggunakan Mechanics Dynamics Aesthetics (MDA). JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani), [S.l.], v. 7, n. 1, p. 1-17, aug. 2023. ISSN 2598-8069. Available at: <http://jumanji.unjani.ac.id/index.php/jumanji/article/view/268>. Date accessed: 30 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.26874/jumanji.v7i1.268.