Pembangunan Sistem Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) pada PT. Sapta Satria Jaya

  • Tri Wijaya Permana Sidik
  • Wina Witanti
  • Fajri Rakhmat Umbara

Abstract

PT. Sapta Satria Jaya merupakan perusahaan di bidang jasa keamanan outsourcing dengan sistem kontrak. Pengolahan keluhan terhadap client yang akan dijadikan laporan masih tidak efektif karena laporan dari setiap Danru masih ditulis di kertas sehingga kantor pusat harus membuat format laporan ulang untuk diberikan kepada client setiap 1 bulan sekali. Electronic-Customer Relationship Management (E-CRM) merupakan sebuah strategi yang digunakan oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk dapat menciptakan dan mempertahankan suatu hubungan yang baik dan berkelanjutan dengan client dan mengurangi kemungkinan para client pindah ke perusahaan lain. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) yang berbasis website dan mobile web pada PT. Sapta Satria Jaya agar dapat menjalin hubungan dan meningkatkan pelayanannya kepada client. Pengembangan sistem penelitian ini menggunakan model waterfall. Penelitian ini akan menghasilkan sebuah Sistem Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) berbasis website dan mobile web yang kemudian akan diuji dengan menggunakan metode pengujian Black-Box ,yaitu menguji perangkat lunak dari segi spesifikasi fungsional tanpa menguji desain dan kode program, dengan pembangunan Electronic-Customer Relationship Management (E-CRM) ini diharapakan PT. Sapta Satria Jaya dan menjalin hubungan yang berkelanjutan dan dapat meningkatkan layanannya kepada client apabila selesai diimplementasikan diharapkan menurunkan presentasi keterlambatan Danru menjadi 10%.

References

F. S. Fajri Rakhmat U, Teknik Hebat Merancang Aplikasi Instan Berkualitas, Jakarta: PT Alex Media Komputindo, 2015.
A. P. Mardison, “Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Customer Relationship Management pada koperasi pembangunan usaha sumber berbasis web,” Jurnal KomTekInfo Fakultas Ilmu Komputer, Volume 2, No. 1, pp. 6-9, 2015.
R. Hidayat, “Sistem Informasi Ekspedisi Barang Dengan Metode Sistem Informasi Ekspedisi Barang Dengan Metode Sistem Informasi Ekspedisi Barang Dengan Metode Sistem Informasi Ekspedisi Barang Dengan Metode Sistem Informasi Ekspedisi Barang,” Jurnal Sisfotek Global, no. ISSN : 2088 – 1762 Vol. 4 No. 2, pp. 23-30, 2014.
A. A. I. G. R. A. S. D. Wina Witanti, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Bandung: Politeknik Telkom, 2009.
z. s. nima jafari, “The impact of cost,technology acceptance and employees ’satisfaction on the effectiveness of the electronic customer relationship,” ComputersinHumanBehavior, pp. 1053-1066, 2016.
A. I. Wina Witanti, “Analisis Jejaring Sosial Menggunakan Social Network Analysis untuk membantu Social CRM bagi UMKM di CImahi,” Semnas, pp. VI.29-VI.36, 2014.
J. N. A. I. H. Wina Witanti, “Pembangunan Sistem Customer Relationship Management di PT. Dirgantara Indonesia pada Bagian Metrology,” Seminar Nasional Informasi dan Multimedia 2018, pp. 2.10-79-2.10-84, 2018.
S. e. n. Agus, “Perancangan Sistem Informasi Pelacakan Berbasis CRM untuk perusahaan jasa service center,” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2014, pp. 3.01-7-3.01-12, 2014.
i. W. Albertus Januaris Kundre, “Penerapan Customer Relationship Management dengan dukungan teknolofi informasi pada PO.CHELSY,” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, pp. 28-7-28-12, 2013.
F. O. N. K. Wina Witanti, “Pembangunan Sistem Customer Relationship Management pada PT. Central Georgette Nusantara,” Prosiding SNATIF, pp. 431-438, 2017.
Published
2018-06-22
How to Cite
SIDIK, Tri Wijaya Permana; WITANTI, Wina; UMBARA, Fajri Rakhmat. Pembangunan Sistem Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) pada PT. Sapta Satria Jaya. JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 71-80, june 2018. ISSN 2598-8069. Available at: <http://jumanji.unjani.ac.id/index.php/jumanji/article/view/23>. Date accessed: 24 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.26874/jumanji.v2i1.23.