Minat Pembelajaran Menggunakan E-Learning Mata Kuliah Kinesiologi Pada Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui minat pembelajaran menggunakan e-learning mata kuliah kinesiologi pada mahasiswa Penjaskes Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. Bentuk penelitian ini adalah penelitian survei. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan kelas Indralaya, sampel penelitian yaitu seluruh mahasiswa semester 3 kelas Indralaya yang berjumlah 44 orang. Alat pengumpulan data yaitu angket minat belajar. Hasil analisis data diperoleh minat belajar mahasiswa menggunakan e–learning yaitu 86,38% dan masuk pada kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan penggunaan e learning dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa dan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kinesiologi.
References
Heinich, et.al. (2006). Instruction Media and Technologies for Learning. New Jersey : Englewood CliffsKemp Kemp, J. E & Deane K.D. Planning and Producing Instructional Media. New York : Harper & Row Publishers Cambridge.
Mayer, Richard E. 2012. Cognitive Theory of Multimedia Learning. California: University of California.
Prasojo, L.D. dan Riyanto. 2011. Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.
Permenristekdikti No 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
Smaldino, Sharon E., Lowther , Deborah L., Russel, James D.. 2008. Instructional Technology and Media for Learning (Ninth Edition). NJ: Pearson Education Inc.
Slameto.(2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Lu’lu Dian Islami & Rina Hari Murti. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Pada Konten “Eduvidgame” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk Kelas X Pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer. Jurnal IT-Edu Volume 01 Nomor 01 137-142.
Saribas, D. & Ceyhan,G.D. (2015). Learning to Teach Scientific Practices: pedagogical decisions and reflections during a course for pre-service science teachers.International Journal of STEM Education 2(7):1—13.