Minat Pembelajaran Menggunakan E-Learning Mata Kuliah Kinesiologi Pada Mahasiswa

  • Destriani Destriani Universitas Sriwijaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui minat pembelajaran menggunakan e-learning mata kuliah kinesiologi pada mahasiswa Penjaskes Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. Bentuk penelitian ini adalah penelitian survei. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan kelas Indralaya, sampel penelitian yaitu  seluruh mahasiswa semester 3 kelas Indralaya yang berjumlah 44 orang. Alat pengumpulan data yaitu angket minat belajar. Hasil analisis  data diperoleh minat belajar mahasiswa menggunakan e–learning yaitu 86,38% dan masuk pada kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan penggunaan e learning dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa dan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kinesiologi.

References

Hamalik, O., 2001,Proses Belajar Mengajar,Bumi Aksara, Jakarta.
Heinich, et.al. (2006). Instruction Media and Technologies for Learning. New Jersey : Englewood CliffsKemp Kemp, J. E & Deane K.D. Planning and Producing Instructional Media. New York : Harper & Row Publishers Cambridge.
Mayer, Richard E. 2012. Cognitive Theory of Multimedia Learning. California: University of California.
Prasojo, L.D. dan Riyanto. 2011. Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.
Permenristekdikti No 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
Smaldino, Sharon E., Lowther , Deborah L., Russel, James D.. 2008. Instructional Technology and Media for Learning (Ninth Edition). NJ: Pearson Education Inc.
Slameto.(2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Lu’lu Dian Islami & Rina Hari Murti. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Pada Konten “Eduvidgame” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk Kelas X Pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer. Jurnal IT-Edu Volume 01 Nomor 01 137-142.
Saribas, D. & Ceyhan,G.D. (2015). Learning to Teach Scientific Practices: pedagogical decisions and reflections during a course for pre-service science teachers.International Journal of STEM Education 2(7):1—13.
Published
2018-06-22
How to Cite
DESTRIANI, Destriani. Minat Pembelajaran Menggunakan E-Learning Mata Kuliah Kinesiologi Pada Mahasiswa. JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 63-70, june 2018. ISSN 2598-8069. Available at: <http://jumanji.unjani.ac.id/index.php/jumanji/article/view/22>. Date accessed: 24 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.26874/jumanji.v2i1.22.