Desain Interaksi Game Edukasi Rantai Makanan Menggunakan Teknologi Mobile Augmented Reality

  • Rezki Yuniarti
  • Agus Komarudin Universitas Jenderal Achmad Yani

Abstract

Tinjauan studi AR secara empiris dalam pendidikan yang telah dipublikasikan jurnal SSCI terindeks SSCI dari 2011 hingga 2016, ditemukan bahwa sejumlah studi AR di bidang pendidikan telah meningkat secara signifikan sejak 2013. Temuan dalam penelitian tersebut dapat mengungkapkan pentingnya penerapan AR yang efektif dalam pendidikan, dan memberikan arah yang potensial untuk penelitian di masa depan. Desain interaksi yang baik menghasilkan interaksi antara pengguna dengan perangkat lunak, dibutuhkan supaya pengguna dapat menerima materi pembelajaran yang diberikan oleh edugame. Bentuk interaksi serta gameplay yang dibuat akan mempengaruhi seberapa tertariknya pengguna terhadap topik pembelajaran yang disajikan. Akan dibuat sebuah desain interaksi serta implementasi edugame bertema rantai makanan menggunakan teknologi Mobile Augmented Reality. Dalam menghasilkan desain interaksi menggunakan pendekatan komponen: learning objectives, dan framework MDA. Hasil luaran penelitian adalah berupa desain edugame mobile AR. Sebanyak 36% pengguna setuju menggunakan pembelajaran berbasis multimedia, dan setelah penggunaan aplikasi, 72% setuju pengguna lebih memahami materi jika disampaikan menggunakan multimedia/aplikasi tersebut. Hasil dari evaluasi prototype adalah sebanyak 63,6% pengguna dapat mengingat materi yang disajikan.

References

J. A. Glasser and L.-K. Soh, "AI in Computer Games: From the Player’s Goal to AI’s Role," University of Nebraska–Lincoln, Lincoln, 2004.
J. Preece, H. Sharp and Y. Rogers, Interaction Design: Beyond Human-Computer Interaction [4 ed.], New York: Wiley, 2015.
B. B. Marklund, "Games in Formal Educational Settings, Obstacles for the development and use of learning games," University of Skövde, Sweden, 2013.
P. Wouters, C. Van Nimwegen, H. van Oostendorp and E. D. van der Spek, "A Meta-Analysis of the Cognitive and Motivational Effects of Serious Games," Journal of Educational Psychology, vol. 105(2), pp. 249-265, 2013.
F. Haswan and N. W. Al-Hafiz, "Aplikasi Game Edukasi Ilmu Pengetahuan Alam," Riau Journal Of Computer Science, vol. 3, no. 1, pp. 31- 40, 2016.
P. Chen, X. Liu, W. Cheng and R. Huang, "A review of using Augmented Reality in Education from 2011 to 2016," in Innovations in Smart Learning, Singapore, Springer Science Business Media , 2016, pp. 13-18.
K. R. Bujak, I. Radu, R. Catrambone, B. Macintyre, R. Zheng and G. Golubski, "A Psychological Perspective on Augmented Reality in The Mathematics Classroom," Journal Computers & Education, vol. 68, pp. 536-544, 2013.
P. Mahale and S. Yeddu, "Android-based Augmented Reality to Enhance Education System," International Journal of Computer Applications, vol. 146, no. 6, pp. 18-21, 2016.
F. Saltan and O. Arslan, "The Use of Augmented Reality in Formal Education: A Scoping Review," EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, vol. 13, no. 2, pp. 503-520, 2016.
A. A. Budiman, "Aplikasi Mobile Augmented Reality Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Gigi Berlubang," Jurnal Teknik dan Ilmu Komputer, vol. 21, no. 06, pp. 63-70, 2017.
S. S. Adkins, "The 2016-2021 Worldwide Game-based Learning Market," in Serious Play Conference, North Carolina, 2016.
R. Yuniarti and A. Komarudin, "Rancang Bangun Interaksi Pembelajaran Drill Menggunakan Pendekatan User Centerd Design (UCD) Untuk Game Pengingat Resep Masakan," in Seminar Nasional Informatika dan Aplikasinya, Cimahi, 2013.
A. Komarudin and R. Yuniarti, "Desain Dan Implementasi Non Playable Character Pada Permainan Edukasi Rantai Makanan Untuk Konsumen Tingkat 3 (Ular) Berteknologi Mobile Augmented Reality," in Seminar Nasional Aptikom, Mataram, 2016.
R. Hunicke, M. LeBlanc and R. Zubek, "MDA: A Formal Approach to Game Design and Game Research," in Challenges in game artificial intelligence, AAAI workshop, Menlo Park, 2004.
V. Aleven, E. Myers, M. Easterday and A. Ogan, "Toward a framework for the analysis and design of educational games," in 3rd IEEE Conference on Digital Game and Intelligent Toy Enhanced Learning (DIGITEL), Taiwan, 2010.
B. Sawyer and P. Smith, "Serious games taxonomy," in Game Developers Conference, 2008.
A. Bhadra, J. Brown, H. Ke, C. Liu, E.-J. Shin, X. Wang and A. Kob, "ABC3D - Using An Augmented Reality Mobile Game to Enhance Literacy in Early Childhood," in IEEE International Conference on Pervasive Computing and Communications Work in Progress, Sydney, 2016.
O. Studio, "Octagon Studio 4D+," Octagon Studio, 2016. [Online]. Available: https://www.octagonstudio.com/4d/id. [Accessed 10 Maret 2017].
D. Worlds, "Dino on My Desk," Deepblue Worlds Inc., 26 Februari 2017. [Online]. Available: http://www.dinoonmydesk.com/. [Accessed 10 Maret 2017].
Published
2018-06-22
How to Cite
YUNIARTI, Rezki; KOMARUDIN, Agus. Desain Interaksi Game Edukasi Rantai Makanan Menggunakan Teknologi Mobile Augmented Reality. JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 39-50, june 2018. ISSN 2598-8069. Available at: <http://jumanji.unjani.ac.id/index.php/jumanji/article/view/20>. Date accessed: 24 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.26874/jumanji.v2i1.20.