Model Search Engine Optimization bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Bandung Barat

  • Asep Id Hadiana

Abstract

Internet telah memegang peranan yang cukup besar dalam mengembangkan sebuah usaha, karena memiliki jangkauan yang tidak terbatas. Namun tidak semua pelaku usaha mampu memanfaatkan Internet untuk memperluas jangkauan usaha mereka. Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah cara untuk meningkatkan visibilitas sebuah usaha di mesin pencari. Untuk usaha kecil dan menengah yang ingin bersaing di ceruk yang sama dengan perusahaan yang lebih besar dengan sumber daya yang lebih besar yang mereka miliki, memiliki strategi SEO yang kuat sangat penting. Terlepas dari industri apa yang dijalani, akan selalu memiliki setidaknya satu pesaing yang telah ada lebih lama dan telah mengalokasikan lebih banyak anggaran dan sumber daya untuk membangun visibilitas mereka di web dan di mesin pencari. Pemilik bisnis online akan tahu bahwa bagian dari pertempuran untuk memastikan bisnis sukses adalah dalam memastikan website mereka memiliki peringkat yang baik di mesin pencari. Dalam perekonomian Indonesia, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah kelompok usaha yang memiliki jumlah paling besar dan terbukti tahan terhadap berbagai macam goncangan krisis ekonomi. Namun sayangnya, UMKM belum mampu memanfaatkan potensi Internet dalam memperluas pemasaran mereka, termasuk UMKM di Bandung Barat. Untuk itu diperlukan membuat model SEO bagi para UMKM di Bandung Barat.

References

Kotler & Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2 Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Spais, S.George, 2010, Search Engine Optimization (SEO ) as a dynamic online promotion technique: the implications of activity theory for promotion managers, Volume 6, Issue 1, Innovative Marketing, pp 7-24
Tohirudin, M. 2012. Membuat Situs Top Search, Mahir SEO untuk Pemula. Jakarta. Kanaya Press
Ginanjar, Y., & Ratmoko, K. (2016). PERENCANAAN STRATEGIS PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BANDUNG DARAT DALAM PENGUATAN KAPASITAS UMKM UNTUK MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN. Jurnal Dinamika Global, Volume 01, Nomor.
Fauzan, A. , Suharyono, & Abdillah, Y. (2017). ANALISIS PEMANFAATAN SEARCH ENGINE OPTIMIZATION DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UKM DI PASAR INTERNASIONAL (Studi Kasus Pada CV. Ayung Sportindo). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 50, Nomor. 6, 96 - 105.
Published
2018-06-22
How to Cite
HADIANA, Asep Id. Model Search Engine Optimization bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Bandung Barat. JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 31-38, june 2018. ISSN 2598-8069. Available at: <http://jumanji.unjani.ac.id/index.php/jumanji/article/view/19>. Date accessed: 10 dec. 2018.